Sekilas tentang makrifat

Bismillahirrohmaanirrohiim,

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah menjadikan ilmu sebagai sifat kesempurnaan paling tinggi. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain ALLAH SWT, tiada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memberi anugerah hikmah kepada hamba terpilih-Nya. saya bersaksi bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan ALLAH SWT, yang telah dianugerahi berbagai kesempurnaan.

Semoga ALLAH SWT senantiasa mencurahkan rahmat-Nya kepada Muhammad SAW yang hatinya telah Dia penuhi dengan anugerah kemuliaan dari sifat-Nya yang agung, yang telah Dia angkat sebagai contoh manusia sempurna dengan sifat indah-Nya sehingga beliau menjadi sosok yang senantiasa bahagia dan mendapatkan pertolongan-Nya. Demikian pula, semoga rahmat ALLAH SWT tercurahkan kepada sanak kerabat, para sahabat, dan para pengikut beliau yang selalu menjalankan sunnah hingga mereka meraih pahala yang tak terhingga.

Amma ba’du…

Dzun Nun Al Mishri pernah berkata: Ciri-ciri orang yang makrifat kepada Allah SWT adalah:

1. Selalu mencintai-Nya dan menepati panggilan Allah.

2. Hatinya selalu bersih dan melihat kebenaran (seseorang yang dianugerahi sifat ini secara batin dia akan selalu dekat dengan Allah dan secara lahir dia tampak banyak inrospeksi diri).

3.  Banyak beramal saleh.

Sebagian hukama menyatakan bahwa tingkat makrifat dapat terlihat dari:

1. Siapa yang mengira bahwa dirinya mempunyai penolong yang lebih baik daripada Allah SWT,berarti dia kurang mengenal-Nya.

2. Siapa yang mengira bahwa dirinya mempunyai musuh yang lebih berbahaya dari nafsunya, berarti dia belum mengenal dirinya sendiri.

Kesibukan ‘arif billah (ahli makrifat) adalah memuji Allah SWT. tujuan ahli makrifat adalah Allah SWT semata, bukan pahala, bukan pula surga. Tujuan utama ahli makrifat adalah tersingkapnya tirai antara dirinya dengan Allah SWT.

Ada tiga akibat makrifat:

1. Siapa yang mengenal Allah SWT pasti tidak merasakan nikmat bergaul dengan makhluk-Nya.

2. Siapa yang mengetahui hakikat dunia (yang pasti akan musnah) tentu tidak akan menyukainya.

3. Siapa yang mengetahui hakikat keadilan Allah SWT pasti tidak terlibat sengketa.

Syair Imam Asy-Syafi’i:

“Dunia tiada lain hanyalah bangkai yang dihias

Menjadi rebutan anjing-anjing yang rakus

jika menjauh, kau akan selamat dari incarannya

Namun, bila ikut berebut, kau akan bersaing dengan anjing-anjing”

Sekian, semoga mencerahkan.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

About Grand Master Aura Gus PEK

GMA dr. Prabowo E.K adalah praktisi medis tinggal di Bawen, Jawa Tengah. Pengembang konsep The Power of Nawaitu. Saat ini mendalami TERAPI AURA, Penyembuhan Holistik. Guru Besar "AURA NUSANTARA" pusat pengembangan potensi tubuh, pikiran, dan jiwa. GMA dr. Prabowo E.K is a MD live in Bawen City, Central Java, Indonesia 50661. But known publicly as Aura Theraphist, Master of Holistic Medicine, and founder of "AURA NUSANTARA" mind, body & spiritual development center

Posted on 27 Januari 2014, in ARTIKEL, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. terimakasih…sudah saya baca… betul apa yang bapak tulis… ya ini sebagai intropeksi diri saya yang begitu silau akan dunia… semoga mendapat keberkahan… terima kasih banyak…

    Suka

  2. trima kasih Grand master,..ijin Copas

    Suka

  3. Dalam sekali pak tulisannya, trima kasih telah mengingatkan kami yang terlalu sibuk mondar-mandir ….. Allahu yarham

    Suka

  4. Maknanya dalem banget pak…..pencerahan yang luar biasa… Ijin saya share ya pak..

    Suka

%d blogger menyukai ini: